Minggu, 15 April 2012

The Power of Sabar.

Ada sebagian teman yang bertanya, "min apa sih manfaat dari sabar?"

Kehidupan adalah perjalanan panjang yang meletihkan. Lambatnya memperoleh keberhasilan usaha, sukses yang selalu tertunda, kegagalan dan halangan yang kerap kali mendera, membuat manusia menjadi malas, kecewa, mengeluh dan berputus asa. Sering kali manusia meraih keberhasilan secara instan, tanpa kerja keras dan usaha yang sepadan. Kesuksesan itu ada ukurannya, karena hanya hamba-hamba Tuhan yang sabar dalam memperjuangkan impiannya dan tetap memperkuat kesabarannya, walau badai datang bertubi-tubi hingga ia meraih kesuksesannya. [1]

Sehingga bagi anda yang bertanya tentang manfaat dari kesabaran yaitu jalan terbaik dari Tuhan yang di sajikan kepada kita untuk memperoleh kesuksesan yang sesungguhnya. Ya, kesuksesan bukan hanya meraih apa yang kita inginkan tapi juga meraih kebagiaan. Jika kesuksesan tidak membahagiakan kehidupan kita untuk apakah kita sukses?

Oleh karenanya, raihlah kesuksesan dengan perjuangan yang sungguh-sungguh, tindakan yang nyata untuk memperjuangkan kesuksesan tersebut dan kesabaran sebagai penolong, ketika perjuangan serta tindakan yang kita lakukan mengalami kegagalan dan halangan.

Mengapa membutuhkan kesabaran?

Karena, jika kita tidak bersabar dan ketika mengalami kegagalan maka kita akan mudah mengeluh dan berputus asa dengan berkata "kenapa Tuhan tidak memberi kita nikmat kemampuan yang besar, sebesar orang-orang yang telah sukses?"
Dan tanpa kita sadari, keluhan yang kita lakukan adalah sebuah nikmat kemampuan dari Tuhan yang kita dustakan, karena sebenarnya Tuhan tidak akan memberi kita cobaan di luar batas kemampuan yang kita miliki, lalu kenapa kita saja masih mengeluh?!
Inilah sebabnya, mengapa Tuhan selalu bertanya kepada kita, "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"
Oleh karenanya, Tuhan selalu menyuruh kita untuk bersabar dan memperkuat kesabaran, agar kita menjadi orang yang beruntung karena kemampuan yang kita miliki akan semakin besar seiring dengan semakin tumbuh dan berkembangnya kesabaran yang kita tanamkan.

Apakah sabar itu?

Sabar berbeda dengan pasrah! Sabar adalah menerima kehendak Tuhan dengan keikhlasan dan tetap berjuang meraih kesuksesan yang membahagiakan, sedang pasrah adalah putus asa. Jadi, jika ada orang di antara kita yang sukses dengan cara instan jangan pernah sekalipun terbesit rasa iri kepada mereka, karena sebenarnya mereka tidak benar-benar sukses. Mereka hanya memperoleh kesuksesan dari sikap pasrah yang mereka lakukan sehingga "nekat" meraih kesuksesan dengan cara instan. Dan, ketika kesuksesan di dapatkan dengan cara instan maka kebahagiaan yang di rasakan pun juga instan.
Lain halnya, jika ada orang yang meraih kesuksesan dengan kesabaran, mereka akan tetap bahagia di kehidupan dunia ataupun setelah kehidupan dunia. Kita ambil contoh, Thomas Alva Edison, karena dengan kesabaran yang dia tanamkan membuatnya memiliki keberanian yang untuk terus berusaha dan mencoba walaupun mengalami lebih dari 1.000 kali kegagalan, membuatnya berhasil menjadi ilmuwan yang bahagia di kehidupan dunia karena hampir dari 1.093 penemuan hak paten atas namanya maupun di kehidupan setelah kehidupan dunia.

So, teruslah berusaha, kuatkanlah kesabasaran dan serahkan hasilnya pada Yang Maha Kuasa.

Semoga bermanfaat :-)

TMD - Giving spirit for you all.

1 komentar:

  1. Sabar...

    Sesuatu yang mudad diucapkan, namun sulit untuk dilakukan..

    BalasHapus